About Tugas Tekkom

Awalnya saya bingung mau nulis apaan...mikir lama cari inspirasi buat nulis review Tugas mata kuliah Tekkom.
Berhubung aturan mainnya kaya gitu, mau ga mau saya harus buat tulisan ini,hehehehehehehe


Review Tema Tugas Tekkom
Di semester 2 Jurusan PWK Undip, ada mata kuliah mata kuliah yang menarik, yaitu mata kuliah Teknik Komunikasi (Tekkom). Mata kuliah Teknik Komunikasi membahas prinsip,teori, metode dan praktek komunikasi yang diperlukan oleh seorang perencana. Menurut beberapa pakar perencanaan, komunikasi dianggap sebagai salah satu kompetensi dasar yang harus dipunyai oleh seorang perencana, di samping penguasaan terhadap teori, metode analisis dan kemampuan pengambilan keputusan serta penilaian (etika).

Dalam mata kuliah Tekkom ini, kita diberi tugas besar yang disusun secara berkelompok dan memiliki tema-tema tertentu yang dipilih oleh masing-masing kelompok. Tugas besar ini terdiri dari laporan,  film banner dan blog. Semuanya harus sesuai dengan tema yang kita pilih. Oya... setiap bagian dari tugas besar ini juga harus di asistensi lho..Waktu penyusunan selama semester 2 dan pada akhir semester kelompok kita melakukan presentasi dari tugas dengan tema yang kami pilih, hal ini dilakukan sebagai pengganti ujian semester mata kuliah teknik komunikasi.

Langsung aja, untuk tema yang dipilih oleh kelompok kami adalah "Wisata Budaya Nusantara", setelah proses yang panjang dan melelahkan seperti bertapa/bersemedi, survey lapangan, tanya mbah dukun sampai cari2 info di internet (wekekekekekekeek), akhirnya kami memilih Kawasan Pecinan Semarang sebagai fokus dari tema kami. Mengapa Pecinan??
Karena Kawasan Pecinan Semarang merupakan kawasan potensial yang bisa dikembangkan menjadi kawasan wisata budaya, yang memiliki daya tarik wisata sehingga bisa mendatangkan turis-turis baik manca maupun lokal untuk datang dan berkunjung kesini (lebay).
Sebenarnya kawasan Pecinan ini juga memiliki banyak kekurangan dan masalah seperti lalulintas yang padat, masalah sampah dan limbah rumah tangga, penataan kawasan yang kurang baik, area slum yang kumuh, drainase yang buruk, jalan jelek, dll (malah nyambung ke geoling...). Tapi terlepas dari semua masalah itu, Kawasan Pecinan Semarang tetap menarik untuk diangkat.

Yang Dilakukan dalam Penyusunan Tugas Tekkom
Yang kami lakukan dalam penyusunan tugas mata kuliah Teknik Komunikasi antara lain :
  • Mencari dan mengumpulkan data dan berbagai informasi mengenai kawasan pecinan di berbagai media
  • Melakukan pengamatan langsung (survey lapangan) ke kawasan pecinan semarang
  • Menyiapkan alat atau perlengkapan yang diperlukan untuk menyusun tugas
  • Membagi tugas tiap anggota kelompok
  • Menyusun laporan
  • Shooting film (gaya kya artis)
  • Membuat banner, blog, film, dll
  • Asistensi
  • Finishing tugas
  • dll
Banyak cerita menarik selama penyusunan tugas ini, mulai dari nglembur bareng nyusun laporan, bolak-balik ke Pecinan buat shooting film, nginep di rumah Olle buat bikin shooting film (tidur sekamar ber-4 kya sarden), nyampe perut mules gra2 mkan mkan super pedes di deket Undip Pleburan...padahal besok kudu bikin scene buat film. Tapi itulah yang namanya sebuah pembelajaran. Sebuah pembelajaran yang membutuhkan proses, karena yang terpenting dalam pencapaian keberhasilan adalah prosesnya, bukan hasilnya. Karena sesungguhnya hasil itu tergantung proses.

Saran buat Mata Kuliah Tekkom
Saran saya siih ga neko-neko, saya berharap semoga kedepan mata kuliah Tekkom bisa lebih baik lagi, lebih baik dari berbagai segi (baik dosennya, asdosnya, proses pembelajarannya sampai mahasiswanya..semuanya deh). Sehingga bisa menghasilkan planner2 (perencana) yang tidak hanya jago analisis dan utak-atik software GIS, tapi juga cakap dan menguasai teknik komunikasi dengan baik.   

0 komentar:

Posting Komentar